Gambar

Gambar

Chat Call WA =

Spesifikasi All-New Avanza Veloz baru Bekasi




PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan All New Avanza dalam beberapa varian. Kendati ada sebagian kalangan berpandangan sinis, dengan menyebut MPV ini sebagai body 'kaleng' dan tidak menyediakan fitur keselamatan dan keamanan mumpuni, diakui atau tidak, inilah kendaraan 7 penumpang yang fenomenal di tanah air.
Selama 7 tahun kehadirannya, baik Avanza dan Xenia telah terjual 680 ribu unit, sebuah prestasi yang, bahkan, mengungguli Kijang.
Baiklah, sejenak lupakan saja pandangan negatif tentang Avanza. Setidaknya salah satu line-up yang tersedia cukup menggoda, Avanza Veloz misalnya. Selain desainnya lebih elegan dibanding pendahulunya, eksteriornya lebih mewah dan mengesankan.

Desain interior depan All-New Toyota Avanza
"All New Avanza Veloz hadir dari kebutuhan dan permintaan pelanggan, dan didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat spesifik," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM.
Desain radiator grill Avanza lebih elegan, dan terdapat fog lamp garnish baru (Veloz), dan desain outer mirror yang lebih modern. Sekilas, tampilan Veloz tak jauh berbeda dengan varian lain. Tapi jika lebih detail dicermati, ada beberapa perbedaan mendasar. Veloz sengaja diciptakan lebih eksklusif, advanced, lebih sporty dan modern.
Desain lebih kokoh dan dinamis, yang diikuti oleh peningkatan coefficient drag yang menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Di bagian belakang terdapat rear roof spoiler dengan lampu stop yang berfungsi memberi sinyal pengereman yang mudah dilihat oleh pengemudi lain di belakang.
Tampilan kaca belakang lebih berkelas karena tersemat wiper & deffoger untuk pandangan yang jelas saat hujan dan berkabut. Untuk keamanan saat parkir, Veloz mengadopsi sensor parkir dengan rear reflector, membantu pengemudi menjaga jarak aman dan memberi sinyal pengemudi lain di belakang.

Desain interior All-New Avanza Veloz
Kaki-kaki Veloz didukung alloy wheel 15-inchi yang terlihat sporty dengan palang empat kembar. Suspensi belakang MacPherson struts multi link dengan spring upper insulator, yang meredam guncangan dan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik dan lebih stabil dari sebelumnya.
Semua tipe Avanza dilengkapi AC double blower. Namun, sesungguhnya, mesin tidak mengalami perubahan. Toyota menyediakan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4-speed. Veloz pun tetap mengamit mesin 1.5L DOHC VVT-I (Variable Valve Timing-intelligent) 4 silinder berstandar Euro 2, sehingga lebih ramah lingkungan dan tetap irit.
"Mesin yang ada sekarang saya rasa sudah cukup baik, dan tetap bisa digunakan untuk beberapa tahun ke depan, dan bisa dikembangkan hingga Euro 4," ungkap Johnny.
Konsumsi BBM Avanza lebih ekonomis dari generasi sebelumnya. Veloz hanya butuh 1 liter bensin untuk 12 km, sementara varian 1.5L yang lama 11,2 km/liter. Sedangkan akselerasi meningkat 1,2 detik.
Interior
Berbeda dengan tipe lain yang sudah memadukan 2 warna di dashboard (two tone color), interior Veloz menghadirkan nuansa luxurious berwarna hitam, yang diperkuat combination meter, dan desain anyar 3 spoke steering wheel dengan EPS dan tilt steering, serta steering switch.
Meter kombinasi dengan digital trip meter, shift indicator, jam dan analog tachometer memudahkan memantau kondisi mobil pada saat mengemudi. Steering switch & tilt steering pada roda kemudi memudahkan pengendara mengatur audio dan posisi. Masih di sektor ini, terdapat multi information display, berikut model Range, AVG, informasi aktual bahan bakar, serta jarak tempuh kendaraan.
Unsur hiburan penumpang berpusat di panel instrumen. Panel instrumen berdesain warna silver dilengkapi audio 2 DIN CD dengan USB dan AUX 6-speaker. Tersemat pula USB Hub, yang memudahkan penumpang mengoneksikan gadget dengan peranti audio di dalam mobil.

Desain dashboard All-New Avanza Veloz
Kelengkapan lain, terdapat bottle holder & multi storage, atau rak penyimpanan yang tersebar di banyak tempat, sehingga mampu menampung hingga 16 botol. Selain itu Veloz punya laci yang lega untuk menyimpan benda-benda berukuran sedang. Menambah kenyamanan penumpang, Veloz terdapat AC register dengan ornamen berwarna silver.
Bagian dalam lebih luas karena dimensi Avanza terbaru telah mengalami perubahan, lebih lebar dan panjang. Kabinnya mampu menampung tujuh penumpang dewasa, di mana kursinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya, dari bangku baris pertama hingga ketiga dilengkapi sabuk pengaman.
Ruang kargo, bagasi belakang, lebih lebar dari model lama, dan dalam sebuah ujicoba mampu menampung 4 galon air mineral yang berukuran besar. Khusus Veloz hadir dalam 4 warna pilihan, yakni silver mica metallic, dark steel mica, white dan black metallic. Untuk Veloz transmisi otomatis dibanderoli harga Rp 180,2 juta on the road Jakarta.
Sementara pada varian Avanza lain tersedia 8 warna pilihan black metallic, silver mica metallic, gray metallic, champagne metallic, dark steel mica, light blue metallic, maroon mica, dan white. Pada dashboard Avanza tipe berbeda dengan Veloz, berdesain two tone color, dan unsur hiburan diberikan lewat sistem audio 2DIN C-4-speakers (Avanza 1.5 G) dan 1 DIN CD-4 speakers (Avanza 1.3 G).
Kendati dari segi desain dan fitur tambahan lebih mewah, sayang, seperti tipe lainnya, peranti keselamatan ABS (anti-lock braking system) hanya merupakan opsi sistem tambahan (additional system), dan sama seperti tipe lain, Veloz tidak dilengkapi airbags. Sistem pengereman Veloz standar menggunakan ventilated disc untuk depan, dan tromol/drum di belakang. Dengan kata lain, untuk peranti pelindung vital buat penumpang, Veloz belum bisa berbuat banyak.
"Ya saya anjurkan tetap memuat tujuh penumpang, karena mobil ini didesain untuk kapasitas 7 orang. Kalau dalam kota saya kira tidak masalah, tapi untuk luar kota saya tidak menganjurkan penumpang melebihi kapasitas," imbuh Johnny, menjawab sisi keamanan dan keselamatan terkait insiden Saipul Jamiell beberapa waktu lalu. (kpl/bun)

Subscribe to receive free email updates: